Wednesday, May 18, 2011

MODIFIKASI TUNER FM KE FREKUENSI BAWAH UNTUK NGEBRIK

Kemarin saya membeli tuner fm digital merk genius saya membeli tuner tersebut dgn penuh perjuangan karena harus tawar menawar dg harga yg paling murah hehehehehehe ,akhirnya saya beli dgn harga Rp.80.000,00 adapun spesifikasi komponenya:

- tuner merk rayden
- IC LC7265
- IC LB3500
- IC LA1260


Setelah itu saya buka tunernya saya kopel dg kapasitor keramik bagian atas 7pf,tengah 15pf,bawah bisa 15-20pf,kan ada 3 tabung lilitan,trus saya kopel dg kapasitor tadi ,setelah itu pasang kembali tutup tunernya,sekarang nyalakan tuner fm nya ,trus atur bagian oscilatornya,tune hingga freq bawah.
Namun cara ini mempunyai kelemahan yaitu radio kita akan menangkap siaran broadcast 91,4 s.d 109,4 Mc padahal display kita tetap menunjukkan 76 sd 88 Mc.
Misalkan fo 80,7 Mc maka display counter 80,7 – 10,7 = 70 Mc, tetapi ingat bahwa radio juga menerima sinyal pada 80,7 + 10,7 = 91,4 Mc !! Walaupun pada rangkaian penala sudah di tune di 70 Mc, tetapi tetap saja terkena “frek bayangan” dari band broadcast karena kita tahu bahwa pemancar broadcast pastilah berdaya sangat besar, apalagi kalau stasiun radio berada dekat kita.
Lalu apa yang harus kita lakukan ?????
Satu satunya cara adalah membuat radio dengan fo lebih kecil dari f kerja, sehingga diharapkan tidak ada “frek bayangan” dari radio fm broadcast. Karena fk 70 sd. 88 maka fo : 59,3 sd. 77.3 Mc.
Dan jangan lupa untuk mengubah konfigurasi pin IC LC7265 supaya bekerja pada mode fk=fo + IF supaya display bisa menunjukkan dengan tepat.
Langkah-langkah dalam modifikasi :    untuk lebih jelasnya bisa dilihat di web di bwh sini
sebagian sumber:http://homebrew.co.tv/page2.php

5 comments:

Anonymous said...

di daerah saya (klaten) sulit mencari tuner fm merk GENIUS..mohon infonya di mana saya bisa mendapatkan tuner tsb,makasih..salam

KUSWORO said...

MAS, APA SAYA BISA PESAN SEBUAH PEMANCAR KOMPLIT DENGAN RECEIVERNYA? TIDAK USAH BESAR DAYANYA, CUKUP UNTUK NGEBRIK DI TELOMOYO. DOMISILI SAYA DI GUNUNGKIDUL. SAYA SUDAH ADA ANTENA HUSTLER LOKAL. SAYA PENGIN NGEBRIK DENGAN MODULASI STEREO, SEHINGGA PILIH FM. TOLONG DI BALAS LEWAT EMAIL SAYA, kusworo70@gmail.com. KALO BERSEDIA SAYA JUGA MINTA NOMOR HP. NOMOR SAYA 085642438130

KUSWORO said...

iki blog wis mati ora diopeni apa ya? nggak ada respon dari pengelola

Anonymous said...

kayaknya mas joker lagi super sibuk banget mas...

Anonymous said...

tes.. tes...

Template by : kendhin x-template.blogspot.com - administrator : joker@rputelomoyo.tk